~sapi bali …

Malam ini … bete banget … pikiran buntu … 😦 … gak ada idee padahal ingin apdet. Sambil termangu sendiri … naskah  yang ada dalam laptop pribadi dibuka satu persatu, mana tahu ada naskah yang tercecer.

Akhirnya sampai pada naskah ‘sapi bali … Waduh,  picsnya sudah tersusun tetapi kok narasinya belum ada?  Kenapa bisa kelupaan ya? Ok deh, dibuat baru sepanjang yang ada dalam ingatan. … 😦

Inilah sapi yang saya beli berdua teman untuk di jadikan ‘hewan qurban, waktu itu dibeli 2 ekor untuk pengorban 14 orang.

Ini dia daftar yang ikut qorban pada hari Raya Qurban 1431 H … Sayang tidak terbaca … 😦

Tahun depan … (Idul Adha 1432 H) … kami berniat lagi ikut qurban … InshaAllah bisa 7 kali berturut-turut … sehingga genap 1 ekor per orang.

sapinya ‘pasrah

Bulan Desember 2010 ini, kami  sudah mulai lagi nabung @ Rp. 125.000,- per orang selama 12 bulan. Sehingga bulan Nopember 2011 akan terkumpul sejumlah Rp.21.000.000,- … InshaAllah harga sapi tidak terlalu naik  sehingga kalau ada kenaikan tidak banyak nambah iurannya.   😉

Kemaren itu, Sapi Bali dibeli seharga Rp. 10.300.000,- per ekor dan dua ekor … total harga Rp. 20.600.000,-  ada sisa uang Rp. 400.000,- yang digunakan untuk membayar ongkos tukang jagal (kami menggunakan jasa mereka yang sudah ‘ahli potong memotong sapi).

Pelaksanaan pemotongan dan pendistribusian hewan qurban, dilaksanakan oleh kami langsung (14 orang)  …  ingin belajar. Pelaksanaan tersebut dibantu oleh ustadz dari masjid sebagai ‘pengarah. Pemotongan hewan qurban dilaksanakan pada hari ke-2 yang bertepatan (Kamis, 18 Nopember 2010) …

Hasil pembagian daging qurban dan tulang cincang terkumpul menjadi 368 kantong @ 1 kg yang ditimbang  satu persatu. Kemudian diserahkan kepada 14 orang pengorban @ 20 kantong (total 280 kantong) … dengan harapan para pengorban membagikan sendiri dan langsung kepada yang berhak.

Sisanya 88 kantong @ 1 kg … dibagikan kepada  20 orang  pembantu rumah tangga sekitar lokasi @ 1 kantong,  serta  kepada 20 orang pemilik/penghuni rumah-rumah yang kena bau sapi qurban kami … serta para panitia pelaksana sebanyak 48 kantong @ 1 kg.

Para narablog … bagaimana pendapat anda tentang pelaksanaan penyembelihan dan pendistribusian hewan qurban? Mohon saran yang sifatnya membangun … 😛

***

PS : naskah ditulis sesuai ingatan … 😀

***

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

6 Balasan ke ~sapi bali …

  1. Kakaakin berkata:

    Semoga terus bisa berqurban di tahun2 mendatang ya… 🙂

  2. Pendar Bintang berkata:

    Saya suka baca tulisannya, tapi nggak gambarnya…. (ada darah bercecer)

    Semoga terus bisa berkorban dan beramal 🙂

    Have a good weekend!

    *** aminnn …
    waduh takut darahh … maaf ya …

    btw juga liburan akhir pekanmu miss … 😛

  3. bundadontworry berkata:

    wah, hebatnya dirimu Jaya, pendistribusian hewan qurbannya bagus dan kelihatan cukup merata ya 🙂

    Semoga diberi kemudahan oleh NYA, agar bisa tetap terus ber qurban,amin
    salam …

    *** aminn
    iya Bunda … kami belajar ‘memotong n mendistribusikan dagingnya ‘tepat sasaran … 😛
    salam kembali …

  4. alice in wonderland berkata:

    wah gambar sapi terkaparnya lumayan sadis juga neh…btw saya gak nyangka harga sapi beli segitu mahalnya…10juta bo’ bisa beli ipad plus hape satu tuh^^

    *** alice … itulah pemotongan hewan qurban ..
    harganya berkisar segitu – ada yg 11-an juta (ex australia) … 😛

  5. Sugeng berkata:

    Itu motong sapinya koq cuma dipegang ❓ kuat nian melawan tenaga sapi. Aku kemarin cari tiang yang kuat sebagai penyangga agar sapinya tidak bergerak-gerak. Sukses untuk pembagian nya, karena aku kemarin (jadi panitia) 3 sapi dan 3 kambing jadi 585 kantong @sekitar 1 Kg.
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    *** itulah hebat si~tukang jagal … tiap hari kerjanya ya motong sapi … yg ngedrop daging ke pasar2 daging …

    Alhamdulillah … bisa belajar … sesuai ‘thema blog jayarosmano’s … salam kembali … 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s