~niat & pilihan ~

Kemaren dulu … ibu BintangTimur membuat komentar pada Jayarosmano’s Blog : ” …. ikhlas itu seperti halnya sebuah *niat*, hanya kita yang tahu … ”

Memang dari niatlah, kita tergerak dan terdorong untuk melaksanakan sesuatu pekerjaan atau hajat. Sejatinya, ia menjadi semacam garansi atas hasil yang kita dapatkan suatu saat kelak.

Sabda Rasulullah SAW : “Sesungguhnya setiap amal perbuatan itu bergantung pada niat, dan sesungguhnya tiap-tiap orang memperoleh sesuatu sesuai dengan niatnya …” (HR Bukhari dan Muslim).

Niat itulah … bersemayam di dalam kalbuku, dimana kehendak, keinginan dan hasrat bermuara. Hatiku meniatkan *ya … maka akan dikerjakan dengan sungguh-sungguh gerak kehendak itu … jika *tidak … ditinggalkan hasrat itu dengan baik-baik.

Namun sobat, kata hatiku *keras … dan … *tak bisa dibujuk ataupun di rayu … karena yakin dari tersesat jalan … berbalik sembilan puluh derajat kearahΒ  yang lebih baik sesuai aqidah.

Itulah niat dan hasrat hatiku … πŸ™‚ … karena sebaik-baiknya permintaan kepadaNya adalah apa-apa yang telah Dia perintahkan kepadaku. Apatah lagi aku menyadari pengharapan yang sesungguhnya adalah pengharapan yang disertai amal perbuatan … jika tidak semua itu hanya angan2 belaka.

Bisakah dikatakan keras kepala? Salahkah hatiku yang teguh demi tercapainya niat dan hajat? Terkadang terjadi benturan, aku bingung dibuatnya. Dan memang saat ini hatiku dilanda kebingungan! … hikss … 😦

Apa mau dikata, pilihan hatiku adalah *ini* … bukanlah *itu* … walau dibujuk rayu ataupun dinina bobokan sekalipun … hati tetap mantap *disini* … bukan *disitu* … πŸ™‚

Ya Rabb semoga pilihan hati sesuai dengan kehendak-Mu. Amin.

***

salam hangatΒ  ~jayaros aka si~jaya

***
rabu dinihari, 27 oktober 2010

***

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

29 Balasan ke ~niat & pilihan ~

  1. Kakaakin berkata:

    Yang penting nggak bertentangan dengan aqidah dan norma yang ada.. lakukanlah!! πŸ˜€

  2. Pendar Bintang berkata:

    Ya Rabb…
    aku percaya niat dan tujuan Mister adalah baik, meski dia tidak pernah menceritakannya padaku, maka ridhoilah, tetapkanlah dan mantabkanlah jalannya, Amin.

    Keras kepala-lah untuk kebaikan Mister, aku akan mendukung πŸ™‚

    Salam.

    ***aminn …
    trimakasih mis pebi … πŸ˜›
    salam kembali …

  3. anny berkata:

    Jika hati telah ditetapkan dalam satu muara kebenaran sudah pasti hasilnya akan melegakan dan rasa ikhlas itu akan lebih terasa πŸ™‚

    ***insha Allah tetap berada dalan satu muara mba anny..
    makasih … πŸ™‚

  4. yuniarinukti berkata:

    Betul Pak.. Niat seperti halnya sebuah pondasi ketika memulai membangun rumah

    ***moga2 pondasinya kokoh mba yuni … πŸ˜€

  5. moehardian berkata:

    amiin…semoga apa yang teman cita-citakan dikehendaki-Nya…
    salam

    ***aminn
    trimakasih sobat … πŸ˜€
    salam kembali

  6. heny berkata:

    Amiiiiiinnn…. πŸ™‚
    terkadang apa yg kita niat-kan tuk menjadi seperti “ini”…. harus melalui “itu” sebelum sampai ketujuan… malah bisa jg mondok sebentar “disitu” sebelum akhirnya sampai “disini” .. *heddeeeehhh… komeng opo iki??* πŸ˜€

    ***aminnn
    utk sampai tujuan perlu proses,
    komennya sangat tepat … πŸ™‚
    salam …

  7. Fir'aun NgebLoG berkata:

    Ttg hadits bukhari-muslim tadi, saya cenderung mengartikannya seperti ini, “Hanyasanya [yang disebut] perbuatan/amal itu adalah sesuatu yang disertai niat……” dalam artian “sesuatu yg dilakukan tanpa niat seperti “tanpa disengaja” atau “dalam keadaan tidak sadar/tidur,” tidaklah disebut “perbuatan/amal” hingga tidak akan diperhitungkan balasannya.

    maap, ini cuma pendapat saya, bukan kritikan atau pun saran πŸ˜€ hehehe

    ***se7 bro, tetapi …
    kita perlu yg lebih ahli rupanya … πŸ˜›
    bagaimanapun komennya menarik sangat …

  8. maminx berkata:

    InsyaAllah jika sudah niat untuk kebaikan mah ada jalannya, dan hanya Allah lah yang tahu apa yang terbaik untuk kita. Memang harus ikhlas menjalani apa pun jalan yang diberikan ma Allah πŸ˜€

    ***aminnn
    makasih bro …
    πŸ˜€

  9. ysalma berkata:

    niat baik harus diiringi dengan usaha yang maksimal untuk mendapatkan hasil yang benar-benar sesuai harapan..

    ***inshaAllah sis …
    aminn ..

  10. mala berkata:

    Istikharah sajalah mas, biar jelas apakah yang diam2 kau niatkan itu baik buatmu menurutNya πŸ˜‰

    ***insha Allah … mala .. πŸ˜›

  11. jangkrik berkata:

    niat dan usaha saling melengkapi,tetap semangat kawan πŸ˜€

    ***niat, usaha dan semangat – 3 kunci utama πŸ˜€

  12. Masbro berkata:

    Setuju dengan komentar di atas..Niat dan usaha (dan juga doa) saling melengkapi. Setelah itu, serahkan semuanya pada Yang Di Atas;

    ***ok lah kalau begitu …

  13. joe berkata:

    semuanya diawali dengan niat yang tulus…

    ***inshaAllah …

  14. edda berkata:

    betul banget bang,, dr niat kita bisa bergerak untuk melaksanakannya..

    ***aminn
    inshaAllah

    edda hebat euy, πŸ˜‰
    sdh punya komen 3.000-an lebih …

  15. asfan berkata:

    kunjungan balik bang…..salam kenal….
    yup betul dari niatlah semua nya bermula..

    ***makasih sob …
    inshaAllah …

  16. lawang berkata:

    bener sobat, yang penting iman (percaya) dan taqwa (amal perbuatan) hehehe. salam

  17. aldy berkata:

    Salam,
    Jika dalam situasi dilematis seperti ini, biasanya aku selesaikan dengan tahajud. Sampai sejauh ini hasilnya sangat baik.

  18. mawarsendu berkata:

    kelurusan hati adalah dengan kelurusan amal perbuatan, sedangkan kelurusan amal perbuatan adalah dengan kelurusan niat – Mathruf bin Abdullah –

    *** aminnn …
    inshaAllah …

  19. mamung berkata:

    niatkan yang baik untuk pilihan yang baik, insyaalloh hasilnya jg baik.. amiin..
    kunjungan pertama nih πŸ™‚

    ***aminn ..
    kunjungan balik …

  20. Mila berkata:

    Kunjungan sore πŸ™‚

    ***trimakasih …

  21. Fir'aun NgebLoG berkata:

    kunjungan malam sob…
    giliran ronda nich πŸ˜€

    *** πŸ˜›

  22. save your head berkata:

    kunjungan malam sob (ikut-ikutan pak fir’aun)

    ***jaga keamanan lingkungan, penting …

  23. Pendar Bintang berkata:

    Selamat berakhir pekan Mister, semoga setiap detik waktu kita penuh makna dan setiap hari kita penuh cerita indah…

    *belum ada yang baru sih…..

    *** sama2 mis … πŸ™‚
    aminn …

  24. 'Ne berkata:

    selama pilihan itu memang ada di jalan yang benar, semoga Allah meridhoi.. amin..

    ***aminnn ..

  25. hidup penuh pilihan kawan …
    jadi, pilihlah apa yang sesuai dengan ketentuanNya …

    ^_^
    salam …

    ***terimakasih …
    salam kembali .. -^-

  26. Blog Keluarga berkata:

    Ya Rabb… Engkau lebih mengetahui apa-apa yang ada didalam hati manusia… Jika karena Engkau.. Bimbinglah, Tunjukkanlah yang benar sesuai perintahMu dan Mudahkanlah urusannya ya Rabb. barakallah…

    Sayuran Goreng (Vegetable Fritters) on Blog keluarga

    ***aminn..
    segera kunjungan balik …

  27. bintangtimur berkata:

    Ah, sedang dilanda kebingungan rupanya?
    Sama, terkadang kita ingin begini, tapi ‘seharusnya’ begitu…
    Satu hal yang menjadi pegangan kala saya bimbang, adalah menuruti kata hati dan bisikan nurani. Percaya deh, pilihan yang didasarkan pada dua hal tadi, jarang sekali salah… πŸ™‚
    Ehm, makasih ya, ada nama blog saya disebut disini, kutipan komennya juga…aduuuh, senengnya!
    πŸ˜€

    *** ibu bintangtimur sudah pulang rupanya … πŸ™‚
    ooo begitu … kata hati & bisikan nurani dapat sbg penjuru bagi pilihan sejati … πŸ˜›

    iya ibu … blog ibu termasuk salah satu blog yg menjadi *sumber inspirasi bagi blog ini … πŸ™‚
    juga blog yg sangan dinanti … salam …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s