~ikhlas ..?

Sesuai mottonya … “Langkah baru untuk terus belajar dan berbagi” … kembali Jayarosmano’s Blog … dengan ‘ikhlas berusaha melangkah terus belajar dan berbagi, tetapi apakah langsung bisa dan mampu bagaikan membalikkan telapak tangan? Lihat deh … 🙂

Dalam hati berkata, apa sih arti dan makna dari kata ikhlas? …
Kata ini memang mudah di lafazkan namun susah di cerna  … 😦

***

“Kulakukan ini lillahi ta’ala (karena Allah semata),
Jujur, aku ikhlas melakukan ini semuanya,
Aku tidak berharap apa2,  selain ridho Allah… dst …

Apakah aku benar-benar beribadah karena-Nya semata,
sehingga semua yang dilakukan akan mendapat nilai ikhlas?

I’m alone … iya, aku sendirian berusaha mencari makna ikhlas sampai-sampai menyendiri kepinggir pantai … Apakah semua itu dilakukan dengan rasa ikhlas yang tepat?

Akankah aku ikhlas menyendiri atau tetap sendiri …
akan sendiri lagi …sehingga akan selalu menyendiri ..?

***

“Karena itu beribadalah kepada Allah SWT dengan ikhlas beragama untuk Dia semata” … (QS. Azumar 2 dan 3).

Secara istilah, ikhlas adalah manusia yang meniatkan perkataannya karena Allah semata-mata dan mengharapkan keridhaanya … bukan karena mengharapkan harta, pujian, gelar, kemasyhuran dan sebagainya.

Ada juga yang berpendapat, bahwa ikhlas merupakan seluruh perilaku seorang hamba, baik dalam keadaan diam maupun bergerak yang bertujuan mencari ridho Allah semata.

Sementara itu, ada pula pendapat kalau ikhlas berarti tidak adanya kehendak atau keinginan mendapatkan imbalan dari amal perbuatannya baik di dunia maupun di akhirat.

Kata ‘ikhlas bila ditinjau dari bahasa , yang bermakna bersih dan murni, atau bisa juga berarti tidak terkena campuran. Selanjutnya setelah mengalami penambahan aksara, maka kata ikhlas berubah makna  menjadi membersihkan atau memurnikan.

Pertanyaan kemudian, ikhlas manakah yang sedang aku jalani? Bisakah para narablog lebih memperjelas makna dan arti kata ikhlas itu ..? Tolonglah sobat … perjelas lagi arti dan makna kata ikhlas itu, makasih … 😦

***

PS : pics dari Shafiqah ‘Adia’ Treest

***

salam hangat
~jayaros aka si~jaya

***

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

37 Balasan ke ~ikhlas ..?

  1. Pendar Bintang berkata:

    Pagi Mister 🙂

    Aku senang sekali Mister menulis masalah ihklas, karena aku sendiri juga belum bisa memaknai apa itu ihklas. Aku bilang, ya sudah aku sudah ihklas kok, tapi kenapa juga kadang masih ada sakit hati. Padahal, kata ayahku orang ihklas itu ya wes, lepas semua perasaan yang mengganjal dan kalau bisa melakukan itu kamu akan bisa tersenyum dan senyum itu benar-benar senyum ihklas dan orang bisa merasakan kesejukan melihat senyum ihklas 🙂

    Tapi, sejauh ini sih aku selalu belajar ihklas.
    Ihklas dalam artian aku melakukan sesuatu tanpa dasar apa-apa, tanpa ingin di puji, ingin disukai, ingin di terima dsb. Ya beginilah, aku melakukan itu karena aku merasa aku harus! Karena bagaimanapun juga aku juga pernah diajari ilmu ihklas walau belum lulus he he he

    Aku ihklas comment di sini, ya karena sengaja ingin menuhin blog kamu he he he

    Semoga kita melewati hari-hari kita dengan ihklas, sehingga hari-hari kita indah dan penuh makna 🙂

    ***PAGI juga miss … 😛
    dari kemaren2 saya sudah haqqul yaqin komenmu ‘ikhlas sangat pada blog jayarosmano’s ini … tapi bukan untuk nyesakin n menuh2in blog aku kan?

    se7 … semoga hari-hari kita indah dan penuh makna … salam … 🙂

  2. ysalma berkata:

    melakukan sesuatu dengan sebaik-baiknya, tanpa mengharapkan imbalan apapun,,

    ***betul banget mba salma … itu teorinya … 😛

  3. bluethunderheart berkata:

    nice
    blue suka membaca post ini
    salam hangat dari blue

    ***makasih blue
    salam hangat kembali ..
    😀

  4. Debby berkata:

    ikhlas,…. smw orang pasti ga bisa bener2 ikhlas 🙂
    kalo malaikat mungkin iya
    karena manusia sbnrny sedang menempa dirinya selalu untuk menjadi ‘ikhlas’
    ikhlas itu sama sekali g d cemari keegoisan

    ***makasih debby …
    saya yakin kamu komen dgn ikhlas dan jauh dari lumpur egois … salam … 🙂

  5. budiarnaya berkata:

    Kita semuanya selalu berusaha untuk ikhlas, karena itu semua butuh perjuangan yang luar biasa, namun tidak ada salahnya kan untuk berusaha, salam hangat dari Jembrana Bali

    ***sipp… mari kita berusaha 😀
    salam hangat juga dari ibukota

  6. TuSuda berkata:

    Kata ikhlas bisa diartikan berusaha sebaik mungkin, tanpa pamrih dan menyerahkan segala hasilnya yang terbaik kepada Kuasa-NYA.

    ***aminn
    inshaAllah …

  7. advertiyha berkata:

    Ikhlas adalah kunci kebahagiaan….
    nice post bro… trims.. 🙂

    ***iya mba tiyha .. 😀
    makasih …

  8. gerhanacoklat berkata:

    sangat mudah mengatakan aku ikhlas koq
    namun benarkah di dalam hati sudah ikhlas?
    who knows? 😀

    ***pertanyaan yg susah dijawab dgn ikhlas … 😛

  9. ratansolomj9 berkata:

    Ikhlas terbersit dari ketulusan hati …
    ikhlas membawa kedamaian dan ketenteraman …
    Salam

    ***se7 sobat …semoga ikhlas kita ‘tulus … 🙂

  10. ais ariani berkata:

    ikhlas itu.. kawan nya sabar kang,
    gampaaang banget diucapin.
    gampaaang banget ditulis.
    tapi… susaaaah diterapkan.

    ikhlas dan sabar biasanya berjalan seiringan,
    mereka berpegangan tangan. eraaaat sekali
    🙂

    ***iya banget ais … 🙂
    kata2mu tepat sekali … memang susah utk menjalaninya ..
    salam erat sekali …

  11. nchie berkata:

    ikhlas menurutku melakukan sesuatu dengan hati yang tulus,tanpa menuntut imbalan..

    ***teorinya betul sekali mama olive … 🙂

  12. yuniarinukti berkata:

    Ilmu yang paling berat dijalani adalah Ilmu Ikhlas….

    ***iya mba yuni …se7 …

  13. heny berkata:

    MAAF… 😦
    Sampai skrg gue jg masih susah tuk menafsirkan “ikhlas” dalam hidup gue…
    sedang berusaha melakukan sesuatu tanpa ada “ini-itu” yg melatar belakanginya juga sob…

    *** sob, semoga kita kedepan mampu tanpa ada “ini-itu” … aminn ..

  14. edda berkata:

    saya selalu ikhlas menjalani apapun,, krna dgn ikhlas hati jg jd tenang dgn sendirinya..

    ***alangkah teduhnya kalaulah ikhlas sepenuh hati ..

  15. MENONE berkata:

    berkunjung kerumah baru sahabat nich………….

    ***terimakasih sahabat … kunjungan balasan segera

  16. Masbro berkata:

    Bener itu katanya Mbak Yuni.
    Ilmu yang paling berat dijalani adalah Ilmu Ikhlas….
    Seperti di pilemnya Deddy Mizwar, Kiamat Sudah Dekat, hehe;
    Salam hangat mas;

    ***iya sobat …
    se7 banget …

  17. Bali Property berkata:

    Iklas memberi tanpa mengharapkan imbalan apa-apa.
    saya malah mau tanya, apa kalo orang bekerja dengan mengharapkan upah apakah termasuk iklas ya?
    tapi kalo saya pernah denger, menjalankan ibadah tapi mengharapkan pahala itu termasuk tetep iklas, malah dianjurkan mengharapkan pahala?
    Bali Villas Bali Villa Villas in Bali

    *** masukan yg sangat baik sobat
    trimakasih … saya sdh berkunjung balik

  18. lyna riyanto berkata:

    ikhlas itu seperti : ketika tangan kanan memberi dan tangan kiri tidak mengetahuinya..

    Salam bahagia

    ***cocok kita mba lyna … tossk 🙂

    salam bahagia kembali

  19. Lakukanlah dengan hati segala yang kita lakukan berdasarkan isi hati kita insya Allah akan menjadi ikhlas,
    salam kenal mas ngomong” di pantai mana tu heeehee,

    mari mengenal keindahan pariwisata lombok utara di http://7og4nk.blogspot.com

    ***inshaAllah …

    indahnya pantai lombok utara ..
    salam kenal kembali …

  20. bintangtimur berkata:

    Ikhlas itu seperti halnya sebuah niat, hanya kita yang tahu.
    Saya percaya, ikhlas itu sangat mudah diucapkan. Tapi sulit untuk terus diterapkan. Alih-alih ikhlas, di hati kecil biasanya saya tetap mengharap ‘pamrih’ dari Allah Swt. Rasa itu kadang muncul tanpa disadari, tiba-tiba saja hati kecil berbisik bahwa sebuah perbuatan (biasanya) akan mendapat ‘imbalan’ dari Allah. Bisa saat itu juga, bisa berbulan atau bertahun kemudian. Bisa berupa rezeki materi, bisa juga sebuah kemudahan. Bisa pada kita, namun bisa juga pada anak-anak kita.
    Rasa ikhlas yang murni hanya karena Allah, masih terus saya upayakan… 🙂

  21. Bibi Titi Teliti berkata:

    Ikhlas ya???

    Masih selalu berusaha berjalan menuju ke arah sana…
    Entah kapan nyampe nya…hihihi…

    ***iya mba eryy … 🙂
    mudah2an kita ‘bareng nyampenya … hehehe …
    😀

  22. mala berkata:

    “cuma saya dan Allah yang tau kalo apa yang saya lakuin itu cuma buat Dia”, bener nggak kalo saya bilang gitu mas?
    saya juga nggak paham mas, tapi selama ini mikir itu lawannya riya’ *kalo konteksnya ibadah*

    *** betul sekali mala … 🙂
    pendapat yg tepat dan mudah difahami …

  23. sunflo berkata:

    sesuatu yang teramat mulia di dunia ini adalah keikhlasan,
    dan betapa banyak aku telah berusaha untuk melumpuhkan kaki-kaki riya’ di hatiku,
    namun sepertinya…
    ia akan selalu tumbuh dalam warna lain….

    • ~jayaros berkata:

      ***bernas sekali … 🙂 … semakin jelas bahwa ikhlas kontra riya’ … 😦 … dipatahkan akan tumbuh lagi?
      semacam virus jahat ya – yg wajib ditakuti dan hindari … 😛 … trimakasih sunflo …

  24. ~jayaros berkata:

    ***mba novi, bernas sekali kata2 mu … 🙂
    semakin jelas bahwa ikhlas kontra sifat riya’
    dipatahkan akan tumbuh lagi?
    semacam virus jahat ya – yg wajib ditakuti dan hindari …
    😛 … trimakasih sunflo …

  25. Ikhlas, sampai saat ini saya masih belajar n berusaha untuk ikhlas.. syusyaaahh euy :mrgreen:

  26. Assalaamu’alaikum….

    Semoga dengan melampirkan keikhlasan dalam setiap urusan, semuanya menjadi ibadah dan diredhai Allah. Yang pentingnya, berusaha dan menyakini apa yang dilakukan tidak untuk mendapat balasannya.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

  27. chiekebvo berkata:

    ikhlas?? saya juga msh mencari artinya..dan masih sedang berusaha melakukan..

  28. idana berkata:

    ikhlas….kata yang gampang diucapkan namun susah dilaksanakan
    tapi kita harus selalu berusaha untuk melakukannya

  29. Esti berkata:

    dengan ikhlas hati akan tentram…

  30. achoey berkata:

    ikhlas
    menurutku memang ada takarannya
    seperti bersedekah
    aku ikhlasnya 1000, maka gak akan memaksakan 10000

    Kau baik sobat 🙂

  31. tuyi berkata:

    good….idea…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s