~khusuk …

Bulan syawal 1431 H … sudah berlalu, apalagi bulan Ramadhannya … Semalam kalender pada Jayarosmano’s Blog menunjukkan tanggal 09 Dh Qa’idah 1431H … bertepatan 17 Oktober 2010 (malam senin), kembali saya hadir pada pengajian di masjid dekat rumah, jadi kegiatan rutin minggu malam setiap Magrib menjelang Isya.

Semenjak pengajian dibuka lagi seusai bulan syawwal , animo saya sebagai jamaah masjid mulai bangkit lagi mengikuti pengajian … ada nuansa rindu akan aroma masjid, … mungkin karena merasa kurang dalam ilmu ibadah, terutama dalam ilmu ibadah Shalat.

Maklumlah sempat tersesat? … (lihatlah do’a pada *Tamu* blog ini ) …Β  πŸ˜€

~Ya Rab … jangan biarkan hamba tersesat..
Seumpama Engkau jadikan hamba *angin lalu,
Ataupun *api yang membakar sisa abu sekalipun,
Hamba akan tetap ikhlas, sabar dan tawaqal,
Asalkan hamba tetap berada dalam ridho-Mu!

~Amin …!!!

  • Atas dasar itulah motto
    Jayarosmano’s Blog : menjadi …Β  πŸ˜›
    “Langkah baru untuk terus belajar dan berbagi”

***

Dan semalam pas jadwal, kami jama’ah masjid sedang melaksanakan pelatihan shalat khusuk, … ustadz sebagai mentor pelatihan, pandai menjelaskan seluk beluk tata cara shalat khusuk… sehingga penyajian pelatihan menarik. Kenangan kembali kemasa kecil dikampung, musholla atau surau adalah tempat kegiatan kami remaja kampung mengaji (belajar membaca Al-Qur’an, shalat dan lain-lain).

Pada awal pelatihan shalat khusuk, ustadz menyatakan : “kita tidak diajak untuk menciptakan rasa khusuk, tetapi kita akan memasuki dan menerima rasa khusuk dari Allah. Kita hanya mendapatkan bukan menciptakan, rasa khusuk itu pemberian, anugerah Allah SWT.

Untuk mendapatkannya … kita dituntut berusaha, berjuang, berlatih dan membuka hati seluas-luasnya, agar Allah SWT menganugerahkan rasa khusuk itu ke dalam sanubari kita sehingga khusuklah shalat kita.

Namun kenyataannya, … saya merasakan … betapa susahnya untuk mencapai shalat khusuk. Ada2 saja kendalanya, walaupun sudah berusaha untuk khusuk … sedemikian rupa. Berbagai cara sudah dicoba, dari memejamkan mata, mengkerutkan dahi, mengartikan bacaan shalat dalam hati, membayangkan keberadaan Allah dengan penuh konsentrasi.

Tambah berusaha untuk khusuk, justru fikiran tetap melayang-layang tidak terkendali, tambah jauh dari khusuk. Macam2 muncul dalam ingatan, bahkan hal-hal sebelum shalat terlupa, malah waktu shalat baru teringat … kepikiran. Hiksss … 😦

Rupanya tidak mungkin kita bisa menciptakan khusuk, demikian ustadz menjelaskan, bahwa khusuk adalah anugerah Allah yang diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya.

Mari kita berjuang dan berlatih dengan sabar, terus menerus rutin, sampai akhirnya, cepat atau lambat, semoga Allah akan menganugerahkan rasa khusuk kepada kita. Amin, …Ya Rabbal Alamin! (Demikian ustadz menutup pengajian malam itu).

***

PS : sebagai motivator diri sendiri.-
***
salam hangat
~jayaros aka si~jaya

***
ahad, 17 oktober 2010

***

πŸ™‚

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

24 Balasan ke ~khusuk …

  1. yuyuk berkata:

    hehe..iya kalo lagi sholat malah pikiran suka jalan kemana-mana, semakin berusaha konsen malah semakin kelayapan pikirannya hadaaah …
    eh salam kenal πŸ˜€

    • ~jayaros berkata:

      mba yuyu … maksud hati kunjungan balik, tapiiii …
      Blog tidak ditemukan n omm gugel bilang … : “Maaf, blog yang Anda cari tidak ada. Meskipun demikian, nama yuyukwardahan tersedia untuk didaftarkan! …
      salam dan terimakasih … πŸ™‚

  2. Pendar Bintang berkata:

    Mister kangen, yah?
    He he he
    Aku gak sedang ngungsi, tapi lagi sakit, tapi tetep di paksa kerja (kemauan sendiri sih).

    Aku jadi inget suatu hari pas di rumah Pakdhe, lagi asyik ngobrol Pakdhe pamit sholat, dan cuma 5 menit kembali lagi
    “Wah, Pakdhe sholatnya pake kilat express, yah?” godaku
    “buat apa lama tp pikiran kemana-mana” lalu dia bicara tentang bagaimana sholat yg khusuk…dan trimakasih sekali pada Mister, saat itu akutidak begitu menggubris apa yang di jelaskan Pakdheku πŸ™‚

    Terimakasih selalu kasih kabar kalau ada updated πŸ™‚
    Semoga hari-hari kita penuh makna πŸ™‚
    Salam.

    *** kangen? … sorry ya – tak ada kata2 itu dlm kamusku …
    kalau ‘teringat selalu – iyaa … hihihi … πŸ™‚

    salam hormat utk si~pakde … alangkah bijaknya beliau, beda sangat sama anaknya …

    iya miss se7 banget … semoga hari2 mu n diriku selalu dlm lindungan-Nya … amin ..

    • Pendar Bintang berkata:

      Iya dech…gak apa gak kangen πŸ™‚

      Insyaallah nanti disampaikan salam hangatnya sama Pakdhe, tapi dia nggak akan rela kalau keponakan kesayangannya di katain gitu πŸ˜€

      Semoga hari-hari Mister penuh makna dan keceriaan πŸ™‚

  3. Debby berkata:

    saya jg neh, akhir2 ne karena kecapean jadi males saat teduh ^^
    mari kita belajar lebih taat lagi ^^

    *** trimakasih Debby … πŸ™‚

  4. nchie berkata:

    iya terkadang aku juga suka begitu..
    dalam keadaan shalat pikiran kemana-mana,he..
    di kasih resep juga tuh ma pa ustad,katanya harus tau artinya dari bacaan sholat tsb,
    ampun,dah emak2 niy,loading nya agak lama..
    tapi selalu ada proses untuk menuju khusuk,
    maksih dah mengingatkan,yuk mare sama2 belajar..belajar..

    ***iya teteh mama oline … πŸ™‚
    sama2 kita belajar teh …
    trimakasih … πŸ˜€

  5. Masbro berkata:

    Motto barunya itu lho, sip mas,,β€œLangkah baru untuk terus belajar dan berbagi” Bisa dicontek nih, hehe;

    *** iya mas – itu ‘ide dari si~jeel yg brilian … πŸ™‚
    bisa masa, jadi tersanjung nihh …

  6. gerhanacoklat berkata:

    wah jadi pengen ikutan latihan sholat khusuknya itu bang jay
    soalnya emang susah banget buat menemukan suasana khusyuk itu …

    ***silahkan mba julie …
    sangat tersanjung jadinya …
    πŸ™‚

  7. Bali Property berkata:

    Yang penting kita selalu berusaha, dan terus berusaha.
    kita sholat dengan benar, sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW.
    salam hangat selalu..
    Bali Villas Bali Villa Villas in Bali

    *** aminn …

    btw saya sdh ke tekape … πŸ™‚

  8. Bibi Titi Teliti berkata:

    Nah itu dia yang paling susah…
    Tiap sholat susah konsen nya…
    Apalagi kalo setiap sujud Fathir langsung naik ke punggung ku buat naik kuda kuda an…hihihi…

    ***iya mba erry … πŸ˜‰ … susah konsen utk khusuk … 😦
    tapi bukan karena Fathir kannn … kan?

  9. Assalaamu’alaikum Mas Jaya…

    Khusyuk dalam solat tidak mudah seperti yang disangka oleh sesetengah orang. Harus dilatih dan disemai dengan benih kecintaan kepada Allah SWT. Tanpa rasa cinta yang tinggi ilusi akan lebih memainkan peranan.

    terima kasih mas sudah berbagi. Semoga ibadah kita diredhai Allah.
    Saya sendiri masih berusaha untuk khusyuk dalam solat.
    Salam mesra selalu dari Sarawak. πŸ˜€

  10. ica puspita berkata:

    memang untuk kusyuk diperlukan hati iklas karena Allah ta’ala…

    salam kenal,
    Ica Puspita

    ***betul sekali ica
    salam kembali dari ~jayaros …
    πŸ˜›

  11. achoey berkata:

    khusuk itu indah
    namun jujur saya belum merasa menemukan itu dalam sholat saya
    meski begitu saya senantiasa berusaha
    moga bisa πŸ™‚

    ***indah sangat mas haris …
    semoga kita berhasil juga nantinya … aminnn

  12. Nissa Dwi berkata:

    ihh..mas jaya ini kalo bikin postingan bikin iri deh. hemm…bagus2 …

    makasi ya..baru tau kalo ternyata khusuk itu adalah anugrah…pemberian…
    tapi, pasti kita tetep boleh minta pemberian itu kan, biar shalat kita khusuk.amin..

    maen ke blog nya nissa ya mas.. πŸ˜€

    ***mba nissa, saya terlebih iri melihat blognya nan indah
    sampai saya bingung masuk kamar2nya … πŸ™‚

    btw sdh ke tekape … πŸ˜›

  13. anny berkata:

    Semakin kita berusaha khusyuk semakin pikiran lain lain datang ya mba sama saya juga nih, musti banyak belajar khusyuk nih πŸ™‚
    Sampai ketemu di Pestablogger 2010 ya mba

    ***iya mba anny mari kita belajar …
    (sstttt … si~mas bukan mba … πŸ˜‰ … ide blog ini betul dari si~mba) …
    lihat … ~jayaros aka si~jaya …

    btw kapan Pestablogger 2010 mba anny? πŸ˜›

  14. fitrimelinda berkata:

    jujur mah, buat khusyuk dalam shalat tuh susah banget…kadang setan nya menggoda dg berbagai macam cara.. 😦

    ***Fitriiii … yuukk kita basmi setan-setan ituu …
    trimakasih fitri … πŸ˜€

  15. wahyudi31 berkata:

    Mantab mottonya mbak… aku suka. πŸ˜€
    oia, makasih juga udah mau mampir ke blogku yang ini mbak. πŸ™‚

    *** Makasih dik … gua tersanjung, tapiiii …
    penulis pada blog ini adalah mas-mas …
    lihat … ~jayaros aka si~jaya … hihihi … πŸ˜›

    btw … makasih ya …

  16. ~jayaros berkata:

    *** Makasih mas … gua tersanjung, tapiiii …
    penulis pada blog ini adalah mas-mas …
    lihat … ~jayaros aka si~jaya … hihihi … πŸ˜›

    btw … makasih ya …

  17. bintangtimur berkata:

    Berarti khusuk itu akumulasi dari perbuatan kita sehari-hari ya?
    Kalau kita selalu berusaha untuk berniat dan berbuat baik, maka anugerah berupa rasa khusuk itu itu, Insya Allah akan kita miliki. Benar begitu?
    Saya juga masih sulit untuk khusuk dalam sholat.

    Rakaat pertama (menurut saya) sudah khusuk, eh, rakaat kedua pikiran sudah melayang entah kemana. Apalagi kalau dari awal pikiran sudah melayang kemana-mana, sholat itu tiba-tiba saja sudah ada di rakaat terakhir…

    Mungkin betul juga, rasa khusuk itu anugerah yang harus diupayakan dan diimplementasikan pada kehidupan kita sehari-hari. Makasih buat masukannya, saya akan terus mencoba agar bisa memiliki rasa khusuk itu πŸ™‚

    ***ibu bintangtimur … komen yg ibu berikan rasanya lebih pas dari postingan ini, sehingga gambaran ‘khusuk menjadi lebih gamblang di cerna … πŸ˜›
    trimakasih ibu bintang … kehadiran komenmu dalam blog ini semakin menjadikan blog Jayaros lebih berwarna …

  18. lyna riyanto berkata:

    β€œkita tidak diajak untuk menciptakan rasa khusuk, tetapi kita akan memasuki dan menerima rasa khusuk dari Allah. Kita hanya mendapatkan bukan menciptakan, rasa khusuk itu pemberian, anugerah Allah SWT.

    alangkah indahnya kalimat yg disampaikan Pak Ustadz, biar sedikit, setidaknya saya bisa memahami bagaimana khusuk itu bisa diraih. Alhamdulillah.

    Terima kasih

  19. Erwin ganadi berkata:

    kita hrs menghormati yng sedang menjalankan ibadah agar amal kita juga diterima juga gitu.

    Bali Prewedding Photography, Bali Photography, Bali Wedding

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s