~rindukan shalat fardhu …

Jum’at, 1 Oktober 2010 … hari itu saya berniat untuk shalat Jum’at di masjid Agung An-Nur, masjid terbesar di Pekanbaru.  Dengan ditemani salah seorang kerabat berangkatlah kami menuju tekape … rumah Allah itu saya ambil picsnya dari kejauhan (dalam mobil menjelang masuk halaman parkir).

Waktu memasuki pelataran masjid dengan berjalan kaki dari arah pintu masuk sebelah kanan, kedua buah pics masjid  diatas diambil langsung dengan menggunakan kamera nokia e 72.

Bandingkan dengan pics pinjaman oom gugel  😀

Foto foto Masjid Agung An-nur Pekanbaru, Riau

Masjid Agung An-Nurmerupakan masjid termegah di Riau Saat ini. Selain berfungsi sebagai fasilitas ibadah masjid ini juga sebagai pusat kegiatan remaja mesjid se-Riau khususnya kota Pekanbaru.

Fasilitas Masjid Agung An-Nur Pekanbaru
– Lantai bawah masjid merupakan tempat skretariat pengurus masjid, manajemen, remaja masjid serta tempat pelaksanaan pendidikan Islam.

– Masjid ini juga tersedia fasilitas hot spot gratis tanpa bayar dan free user logon tanpa harus meminta password, jadi apabila anda bawa laptop berfasilitas Wifi anda dapat berinternet sepuasnya!.

– Di halaman masjid Agung An-Nur Riau merupakan lapangan luas, bila sore hari akan ramai dikunjungi masyarakat kota untuk berolahraga atau bersantai.

masjid agung annur Riau
Gambar Masjid Agung An-Nur Siang Hari Saat Kabut
Masjid Agung Annur Pekanbaru
Masjid Agung An-Nur Malam Hari dengan latar depan Kolam
Masjid Agung An-Nur Riau
Gambar Masjid Agung An-Nur Sore Hari
Masjid Agung An-NurFoto
Masjid Agung An-Nur dari Jalan Hang Tuah Pekanbaru

Masjid Agung An-Nur Pekanbaru

Gambar Masjid Agung An-Nur Malam Hari ala Taj Mahal di India.

Itulah foto resmi yang saya pinjam dari om gugel … 🙂

***

Sebelum sampai ketangga untuk naik kelantai dua tempat ruang utama (tempat shalat dilaksanakan), saya melewati ruangan Badan Amil Zakat Propinsi Riau.

Jamaah masjid sangat ramai dan ruangan yang sangat luas itu (lebih luas dibandingkan masjid At-Tin – Jakarta) penuh dengan jamaah. Alangkah senangnya hati berada ditengah-tengah saudara seiman melaksanakan shalat Jum’at berjamaah.

Ada terbersit kangen akan wajah-wajah jamaah di masjid dekat rumah di Jakarta. 🙂

Subhanallah … sewaktu saya selesai mendirikan shalat sunnah tahyatul masjid … azan pun berkumandang, suaranya menggema dan cukup bersih mirip suara azan di masjid At-Tin TMII Jakarta.

Kemudian … seusai suara azan berkumandang, sang khotib melanjutkan khotbahnya …  sang khotib (jubah putih sedang berdiri di mimbar …) sedang menyampaikan khukbahnya, kata-kata dan suaranya jelas sangat.

Pics diatas diambil saat-sat sang khotib selesai menyampaikan khotbahnya … saat-saat menjelang muazzim mengumandangkan qomat.

***

Selesai melaksanakan shalat Jum’at … bersama jamaah lainnya kamipun menuju pintu gerbang tadi. Waktu itulah … kami melewati para pengemis yang menunggu uluran sadaqah dari kaum muslimin … (hmm … saya menarik napas dan berjalan dengan gontai …)

Jangankan … dinegeri kita – di masjidil Haram Mekah dan masjid Nabawi Medinah … pemandangan para pengemis seperti ini – tetap ada, walaupun disana resmi dilarang dan mereka melakukan dengan cara petak-umpet melawan petugas disitu … mereka mendekati dan mendatangi kita dan pandai berbahasa Indo … “hajj or hajjah, satu rial …”  (mereka bisik2 – sambil mengangkat jari telunjuknya) …  😦 … jemaah dari Indo terkenal disana sebagai jamaah pemurah.

Tapi masihkah ada ‘tabiat dan perangai demikian di tanah air? Yang ada dari tayangan tivi nasional, orang yang saling menghujat sambil mencaci maki … 😦

***

Minggu, 3 Oktober 2010 menjelang pulang ke Jakarta, saya kembali minta diantar ke masjid Agung An Nur kota Pekanbaru ini. 😛

Waktu itu menjelang shalat zuhur … kami sampai di depan pintu masuk halaman masjid, kelihatan mobil para jamaah antri masuk menuju pelataran parkiran.

Kami masuk dari pintu utama dibagian tengah masjid, disitu sudah menunggu petugas penitipan alas kaki (sepatu, sandal, dll).

Pada waktu menuju tempat mengambil wudhu kami melewati dua fasilitas pelayanan umum.

Pelayanan umum Gratis tersebut – salah satu masalah KDRT … juga mendapat perhatian utama.

Ruang wudhunya luas dan cukup bersih sedangkan air suci lagi mensucikan mengalir lancar dengan riangnya, sungguh menyejukkan hati.

Waktu sampai di depan gerbang masuk ruangan utama diatas (tempat  shalat) terlihat kotak amal yang bagus dan terkunci rapat.

Jamaah shalat zuhur hanya dua sap … alangkah sedikitnya. Sangat kontras dibandingkan dengan jamaah shalat Jum’at yang lalu (menunjuk diatas …)

Jamaah tetap duduk di depan mimbar masjid sesudah shalat zuhur didirikan, mereka sedang berdo’a … disitulah sang khotib (Jum’at kemaren …) menyampaikan khotbahnya.

Jamaah ibu-ibunya juga sedikit … 😦

Alas lantai tempat shalat masjid berlapiskan permadani warna biru, hijau dan kuning, terhampar dengan motif yang sangat indah dan sangat empuk.

Dipintu kearah keluar masjid (pintu tengah – sebelum turun … ) kita ditunggu lagi oleh kotak amal yang lebih komplit yaitu 3 macam amal dan sodaqah.

Sayang … masjid besar nan indah ini – juga miskin jamaah pada waktu shalat fardhu … rasanya tidak salah  saya mengusulkan motto untuk masdjid (kecil) kami di kompleks rumah di Jakarta … yang berbunyi :

“rindukan shalat fardhu seramai shalat jum’at”

***


***

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

29 Balasan ke ~rindukan shalat fardhu …

  1. Lucky dc berkata:

    Wah ternyata udah ada masjid yang menggunakan Hot Spot, dan daerah Riau ke depannya pasti akan lebih maju dilihat dari perkembangan yang ada sekarang 🙂

    ***aminnn …
    dengan demikian umat Islam semakin sejahtera lahir &bathin… 🙂
    inshaAllah …

  2. walaupun 2 shaf, namun masih ada yang mau memakmurkan masjid mas 🙂

    ***iya mba mega … 😉
    alhamdulillah …
    aminnn …

  3. Pendar Bintang berkata:

    Wah semua dapat oleh-oleh lha saya mana?
    *pura-pura ngambek*

    Jujur ni semenjak di Bali saya sangat jarang ke Masjid apalagi semenjak sepupu di tugaskan ke Flores jd g ada yang ngajakin ke Masjid 😦

    Melihat foto-foto itu, hm..rindu sekali sama kampung meski masjidnya gak sebesar dan sebagus itu dan hanya ramai pas hari Jum’at dan Iedul Adha n Iedul Fitri…
    Semoga bermanfaat bagi umat muslim.
    🙂

    ***mis pebi oleh-oleh? 🙂
    yaa ini – postingan ini … hehehe

    aminn …
    inshaAllah …

  4. anto berkata:

    Sayang … masjid besar nan indah ini – juga miskin jamaah pada waktu shalat fardhu …
    nah harusnya kita bisa melakukan sholat ya gan..

    ***iya gan,
    kita telah melaksanakan sholat fardhu berjamaah,
    namun merindukan sangat suasana yg seramai shalat jum’at
    😀

  5. Bali Property berkata:

    iya ya, saya juga senang sekali kalo saat sholat dimasjid jamaahnya penuh.
    hati terasa senang, banyak saudara.
    tapi biasanya itu terjadi cma saat sholat jum’at saja, dan saat bulan ramadhan/sholat tarawih!
    Bali Villas Bali Villa Villas in Bali

    ***

    ***aminn ..
    inshaAllah …

    btw segera meluncur kesana 😀

  6. gerhanacoklat berkata:

    pengen ke mesjid-mesjid di seluruh indonesia dan sholat di dalamnya
    apa kabarmu bang jay? 😀

    ***keinginan yg baik dan mulia .. 🙂
    kabarku baik – kabar mba julie tentunya juga baik kan? syukurlah!

  7. alamendah berkata:

    Seandainya sholat fardlu bisa seramai sholat id….

    *** 😛
    iya mas ..

  8. fitri melinda berkata:

    ini mesjid yang dekat kantor gubernur itu ya mas???

    *** iya Fit … 🙂
    persisnya di jalan hang tuah n depan rs arifin ahmad

  9. 'Ne berkata:

    wah masjidnya keren ya.. bagus banget 😀
    kubahnya mirip sama masjid yang pernah saya buat postingannya dulu..
    semoga saja menjadi doa agar masjid2 tetap ramai meski bukan pas Ramadhan 🙂

    ***iya ‘Ne … se7 banget .. 😉
    aminn ..

  10. That’s wonderful, just keep it up..,.,

    ***thank’s …

  11. imtikhan berkata:

    semua Masjidnya sangat megah Masjid Agung An-Nur tampak lebih indah di sore hari.

    ***se7 … tetapi sama indahnya karena masjid itu satu ..
    trim’s imti sudah mampir
    😀

  12. Tip Trik Blogger berkata:

    rindukan shalat fardhu??
    apa sudah lama nggak shalat fardhu??

    ***eiittt … tunggu dulu!!? 🙂
    pada judul tdk ada tanda tanya (?)
    tetapi …. (baca titik-titik)
    dan isi dgn : seramai sholat jum’at

    btw salam Trik Bloger … 😀

  13. Erdien berkata:

    Subhanallah!
    Mirip Tajmahal banget nih!

  14. Coba kalo semua masjid indah begini, bersih. Bikin betah buat ibadah 🙂

  15. Apalagi kalo ditambah kegiatan keagamaan (gerakan dakwah) yang kreatif. Insya Allah kejayaan Islam akan kembali..

    ***se7 banget mas …
    aminn …
    makasih sudah mampir …

  16. matanaga berkata:

    asyik sekali..
    suasana yg nyaman dan tentram dan begitu megah
    inilah blog ‘lambergar’, hehehe..

    *** lambergar …?
    apa maksudnya tuh masnaga? 😀
    trim’s … sudah mampir ..

  17. inge berkata:

    aku suka gambar masjid di malam hari yang pertama… indaaaaah ^^

    sama juga di Malang juga begitu… di Masjid Agung Jamik juga jama’ahnya sedikit
    nggak bisa membandingkan dng waktu sholat jum’at sie… karena g pernah ikut waktu sholat jum’at…
    dan kalau masjid depan rumah kadang masih ramai cuman pas sholat magrib… 😦

    *** iya inge – samalah kita 🙂
    dimana-mana donk ya – jamaah sedikit … 😦
    mudah2an kedepan akan rame seramai shalat jum’at
    inshaAllah..
    aminnn ..

  18. Sang Penjelajah Malam berkata:

    Masjidnya benar-benar bagus..

    ***se7 banget …
    makasih sdh mampir …
    🙂

  19. vany berkata:

    foto masjidnya pas malam hari keren, mas…
    seperti mengapung di atas air…hehehe
    anw, mas jaya yg rajin shalat fardhu di masjid ya…
    biar nambah banyak pahalanya dan biar ramai masjidnya…. 😀

    oh ya, jd namanya “ad”, mas? 😉
    btw, makasih mas….. 🙂

    ***masjid yg di bangun Pemda kayaknya … 🙂
    iya … indah sekali arsitektur ..

    inshaAllah …
    aminnn …

  20. Pendar Bintang berkata:

    Blom Update Mister??

    Oleh-olehku mana?
    he he he he

    ***hihihi … ntar juga apdet – sabarr atuhh ..

    btw oleh2nya kan sdh miss pebi lahab (baca …)

  21. Bibi Titi Teliti berkata:

    whuaaaaa…
    Lengkap banget foto foto mesjid nya…
    *sambil nyari nyari foto nya mas Jay yang mana ya?*

  22. kangmas ian berkata:

    masjidnya nyaman banget ya 🙂
    jadi pengen maen kesana hihi ^^

  23. bintangtimur berkata:

    Saya juga pernah shalat Maghrib dan Isya’ berjamaah di Masjid Agung An-Nur Pekanbaru, kurang lebih 2 tahun yang lalu.
    Itu adalah kunjungan pertama saya ke kota itu. Letak hotel yang berdekatan dengan masjid, serta suami yang sedang ada kegiatan dinas, membuat saya memberanikan diri mengendarai taxi sendiri buat sholat di mesjid ini. Indah. Rasanya itu kata yang tepat untuk mengungkapkan perasaan saya tentang Masjid Agung An-Nur ini…
    🙂

  24. thomas sale berkata:

    It’s the very thing i want to catch. Thanks!,

  25. aldy~PF berkata:

    Salam,
    Gambar-gambar masjidnya bikin tenang dihati.

    Itulah foto resmi yang saya pinjam dari om gugel … 🙂
    OOT sahabat, seharusnya jika gambar itu dipinjam dari google, harus ada livelink-nya (tautan/pranala yang hidup)/bisa diklik.

    ***Salam kembali …
    Sobat terimakasih sdh mampir ..
    masukannya diterima dgn bulat hati ..
    . 😀

  26. thomas sabo berkata:

    That’s wonderful, just keep it up.
    It’s the very thing i want to catch. Thanks!

  27. Asop berkata:

    Wow.. megah sekali ya Masjid Agung Pekanbaru itu.. Subhanallah… 😥

  28. Assalaamu’alaikum mas Jaya…

    Subhanallah, alangkah indahnya foto-foto di atas. Foto ketikan masjaya yang paling atas juga sangat menarik dan mengkagumkan ambilan jaraknya.

    semoga kita akan selalu menghargai nikmat ibadah di dalamnya yang sungguh nyaman dan menenangkan. Manakan tidak, dah namanya rumah Allah, pasti hati akan selalu melekat rindu di sana.

    Tidak dinafikan, kecantikan masjid dan besar bentuknya masa kini tidak seimbang dengan kehadiran jemaah yang solat di dalamnya. Mudahan kita termasuk hamba2 yang selalu memakmurkan rumah Allah ini.

    Salam mesra selalu dari saya. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s